Kamis, 27 Maret 2014

Tutorial Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Untuk Android

Posting saya kali ini akan menjelaskan cara pembuatan aplikasi kalkulator untuk Android, langkah pertama langsung saja kita buat project baru disini saya beri nama "burhankalkulator" kemudian akan langsung saya bahas source code dan aksi tombolnya seperti gambar-gambar dibawah ini. Bagi yang belum mengetahui bagaimana cara membuat project baru silahkan lihat di Langkah-Langkah Membuat Hello World di Android


Berikut coding yang saya lakukan pada activity_main.xml

1. Gambar dibawah ini berisi source code yang menampilkan label "Masukkan Bilangan Pertama" dan kolom untuk menginput bilangan pertama. Serta label yang menampilkan "Masukkan Bilangan Kedua"


2. Gambar dibawah ini berisi source code yang menampilkan kolom untuk menginput bilangan kedua, menampilkan label dan kolom "Hasil" dari aksi yang dilakukan kalkulator

3. Gambar dibawah ini berisi source code yang menampilkan tombol untuk perkalian, penjumlahan dan pembagian

4.  Gambar dibawah ini berisi souce code yang menampilkan tombol untuk pengurangan, pangkat dan akar kuadrat. Serta menampilkan text berupa yang NIM dan nama saya sendiri

Berikut coding yang saya lakukan pada MainActivity.java
1. Gambar dibawah ini berisi source code aksi tombol perkalian

2. Gambar dibawah ini berisi source code aksi tombol penambahan dan pembagian

3. Gambar dibawah ini berisi source code aksi tombol pengurangan dan pemangkatan 

4. Gambar dibawah ini berisi source code aksi tombol akar kuadrat


Review Kalkulator
Perkalian 4 x 4 = 16
Penjumlahan 4 + 4 = 8
Pembagian 16 : 4 = 4
Pengurangan 16 - 4 = 12
Pemangkatan 2 ^ 4 = 16
Akar kuadrat 9 = 3
Akar kuadrat 1024 = 32
Demikian tutorial yang bisa saya buat, Semoga bermanfaat. Jika masih ada kesalahan silahkan beri komentar yang membangun karena saya masih dalam tahap pembelajaran di mata kuliah Pemrograman Mobile. Terimakasih

 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar